Hardware & Software Untuk
Mengakses Internet
A. Hardware (Perangkat Keras)
Untuk dapat
mengakses internet, ada beberapa macam perangkat keras yang digunakan, antara
lain :
1. Komputer
Komputer
merupakan komponen utama untuk dapat mengkases internet. Spesifikasi komputer
yang digunakan dalam koneksi internet sangat menentukan cepat atau lambatnya
kinerja akses internet. semakin tinggi spesifikasi sebuah komputer, semakin
cepat kinerja akses internet, begitu pula sebaliknya.
Spesifikasi
minimal sebuah komputer dalam akses internet, antara lain :
· Processor : merupakan otak dari
komputer untuk menjalankan aplikasi-aplikasi dalam komputer. Processor minimal
pentium III atau setara dengannya.
· RAM (Random Access Memory) :
berfungsi sebagai media penyimpanan sementara. RAM minimal 256 MB.
· Harddisk : digunakan untuk media
penyimpanan data secara magnetik. Harddisk minimal 20 GB.
· VGA card : merupakan perangkat keras
untuk menampilkan gambar pada layar monitor. VGA card minimal 4 MB.
2. Modem
Modem
(modulator-demodulator) yaitu alat yang digunakan untuk menghantar dan menerima
data dari sebuah PC ke PC lainnya melalui kabel telephone. Modem adalah alat
yang bertugas untuk menukar data dari bentuk digital ke analog dan sebaliknya.
Dengan adanya modem, pengguna PC dapat terkoneksi dengan dunia internet.
Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal
pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan demodulator adalah
bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari
sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat
diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem
adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh
dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut “modem”, seperti VSAT,
Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal
sebagai perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
Data dari
komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah
menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa
media telekomunikasi seperti telepon dan radio. Setibanya di modem tujuan,
sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan
kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem
eksternal dan modem internal.
Jenis-jenis modem berdasarkan pemasangannya, yaitu :
Jenis-jenis modem berdasarkan pemasangannya, yaitu :
a. Modem Eksternal
Modem eksternal dipasang pada bagian luar CPU, umumnya dipasangkan pada Serial port atau USB pada CPU. Keuntungan menggunakan modem ini merupakan solusi dari kelemahan modem internal. Selain itu modem jenis ini lebih mobile, karena bisa dibawa kemana-mana.Sedangkan, kerugiannya adalah membutuhkan sumber tegangan (adaptor) walau kini sekarang lebih efisien lagi dengan mengambil sumber tegangan dari komputer itu sendiri.
b. Modem Internal
Modem internal
dipasangkan pada bagian dalam CPU, misalnya pada slot PCI (pada motherboard
tertentu sudah dilengkapi modem dari pabriknya).
Keuntungan
menggunakan modem ini adalah lebih hemat tempat dan dari segi harga lebih ekonomis
dibandingkan dengan modem eksternal dan karena telah terpasang di motherboard,
maka modem jenis ini tidak membutuhkan adaptor seperti halnya modem eksternal,
sehingga sistem terkesan lebih ringkas tanpa ada banyak kabel yang berantakan.
Kelemahan
menggunakan modem ini adalah tidak adanya indikator sebagaimana yang bisa
ditemui pada modem eksternal, akibatnya agak sulit mengecek status modem walau
kini banyak software tambahan untuk mengeceknya. Menggunakan modem internal
juga membuat power supply menjadi keberatan karena sumber tegangan diambil
olehnya.
Jenis-jenis modem berdasarkan jaringan atau media koneksinya, yaitu :
a. Modem Kabel
Modem kabel
merupakan modem yang untuk aksesnya menggunakan jaringan kabel, misalnya
seperti jaringan kabel telepon.
Keuntungan
menggunakan kabel modem adalah tidak membutuhkan sarana telepon sehingga
tidak menggangu lalu lintas komunikasi suara lewat telepon, kecepatan akses
waktu yang tinggi, tidak dibatasi waktu koneksi, dan bisa dipakai secara
bersama-sama oleh beberapa komponen sekaligus.
Kekurangan
menggunakan kabel modem adalah kecepatan transfer data tidak simetris,
upstream (data keluar) jauh lebih kecil daripada kecepatan downstream (data
masuk), hal ini membuat kabel modem kurang sesuai jika dijadikan pilihan utama
untuk membuka server, misalnya web atau FTP Server.
b. Modem Wireless
Modem
Wireless merupakan bagian dari jaringan komputer yang biasanya tidak disebut
modem, tetapi menggunakan istilah lain yang telah disepakati, seperti modem
GSM, modem CDMA, modem HSDPA, dan modem HSUPA.
3. Router
Router
adalah sebuah alat yang digunakan untuk memilih jaringan tujuan dan meneruskan
pengiriman paket data pada jaringan khusus. Router berperan sebagai penghubung
antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke
jaringan lainnya. Router terletak di setiap Gateway (dimana sebuah jaringan
bertemu dengan jaringan yang lain). Router ini berfungsi untuk menghubungkan
(menjadi jalur) jaringan LAN dengan internet sehingga router membuat jalur
transmisi antara keduanya.
Secara umum, router dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :
a. Static router (router statis) : adalah sebuah router yang memiliki tabel routing statis yang di setting secara manual oleh para administrator jaringan.
b. Dynamic router (router dinamis) : adalah sebuah router yang memiliki dan membuat tabel routing dinamis, dengan mendengarkan lalu lintas jaringan dan juga dengan saling berhubungan dengan router lainnya.
Secara umum, router dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :
a. Static router (router statis) : adalah sebuah router yang memiliki tabel routing statis yang di setting secara manual oleh para administrator jaringan.
b. Dynamic router (router dinamis) : adalah sebuah router yang memiliki dan membuat tabel routing dinamis, dengan mendengarkan lalu lintas jaringan dan juga dengan saling berhubungan dengan router lainnya.
4. Kabel UTP
Kabel UTP
(Unshielded Twisted Pair) digunakan sebagai penghubung antar komputer, antara
komputer dengan switch atau router, dan perangkat jaringan lainnya. Kabel UTP
digunakan sebagai kabel yang biasa digunakan untuk membuat jaringan atau
network komputer berupa kabel yang di dalamnya berisi 4 pasang kabel yang
setiap pasangnya adalah kembar dengan ujung konektor RJ-45.
Tipe
kategori Kabel UTP :
-
Kategori 1 :
Untuk koneksi suara / sambungan telepon.
-
Kategori 2 :
Untuk protocol local talk (Apple) dengan kecepatan data hingga 4 Mbps.
-
Kategori 3 :
Untuk protocol ethernet dengan kecepatan data hingga 10 Mbps.
- Kategori 4 : Untuk protocol 16 Mbps
token ring (IBM) dengan kecepatan data hingga 20 Mbps.
-
Kategori 5 :
Untuk protocol fast ethernet dengan kecepatan data hingga 100 Mbps.
5. Konektor RJ 45
Konektor RJ
45 digunakan sebagai penghubung kabel UTP. Kabel RJ-45 adalah kabel Ethernet
yang biasa digunakan dalam opologi jaringan komputer LAN maupun jaringan
komputer tipe lainnya. Konektor RJ-45 ini memiliki konfigurasi 2 macam, sesuai
dengan perangkat yang ingin dihubungkannya.
a. Straight
Through Configuration
Kabel jenis
ini biasa digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan dengan tingkat
hierarki yang berbeda. Sebagai contoh adalah ketika kita menghubungkan PC ke
jaringan komputer kita di kantor lewat switch. Tipe kabel jenis ini lebih umum
digunakan dan relatif lebih mudah dalam penyusunan kabelnya saat memasang
konektor RJ-45. Berikut susunan warna kabel untuk tipe konektor RJ-45 Straight
Through :
b. Cross
Over Configuration
Kabel jenis
ini biasa digunakan untuk menghubungkan dua perangkat jaringan dengan hierarki
setingkat, sebagai contoh koneksi antara PC to PC, atau PC ke AP Radio, Router
to router. Berikut konfigurasi pengkabelan/pemasangan konektor RJ-45 :
6. Hub & Switch
secara fisik Hub
dan Switch sama, kegunaan
secara umum pun sama, yaitu menghubungkan antara device jaringan dan/atau
antara komputer dalam jaringan. Namun sebenarnya, cara
kerjanya berbeda jauh.
a. Hub
Hub merupakan
suatu device pada jaringan yang secara konseptual beroperasi pada layer 1
(Physical Layer). Maksudnya, hub tidak menyaring atau menerjemahkan sesuatu,
hanya mengetahui kecepatan transfer data dan susunan pin pada kabel.
Cara kerja
alat ini adalah dengan cara mengirimkan sinyal paket data ke seluruh port pada
hub sehingga paket data tersebut diterima oleh seluruh komputer yang
berhubungan dengan hub tersebut, kecuali komputer yang mengirimkan. Sinyal yang
dikirimkan tersebut diulang-ulang walaupun paket data telah diterima oleh
komputer tujuan. Hal ini menyebabkan fungsi colossion lebih sering terjadi.
Jika hal ini
sering terjadi maka collison yang terjadi dapat mengganggu aktifitas pengiriman
paket data yang baru maupun ulangan. Hal ini mengakibatkan penurunan kecepatan
transfer data. Oleh karena itu secara fisik, hub mempunyai lampu led yang mengindikasikan
terjadi collision.
Ketika paket
data dikirimkan melalui salah satu port pada hub, maka pengiriman paket data
tersebut akan terlihat dan terkirim ke setiap port lainnya sehingga bandwidth
pada hub
menjadi terbagi ke seluruh port yang ada. Semakin banyak port yang tersedia
pada hub, maka bandwidth yang tersedia menjadi semakin kecil untuk setiap port.
Hal ini membuat pengiriman data pada hub dengan banyak port yang terhubung pada
komputer menjadi lambat.
b. Switch
Switch
merupakan suatu device pada jaringan yang secara konseptual berada pada
layer 2 (Datalink Layer) dan ada yang layer 3 (Network Layer).
Maksudnya, switch pada saat pengirimkan data mengikuti MAC address pada NIC
(Network Interface Card), sehingga switch mengetahui kepada siapa paket ini
akan diterima.
Jika ada
collision yang terjadi merupakan collision pada port-port yang sedang saling
berkirim paket data. Misalnya ketika ada pengiriman paket data dari port A ke
port B dan pada saat yang sama ada pengiriman paket data dari port C ke port D,
maka tidak akan terjadi tabrakan (collision), karena alamat yang dituju berbeda
dan tidak menggunakan jalur yang sama.
Semakin
banyak port yang tersedia pada switch, tidak akan mempengaruhi bandwidth yang
tersedia untuk setiap port. Ketika paket data dikirimkan melalui salah satu
port pada switch, maka pengiriman paket data tersebut tidak akan terlihat dan
tidak terkirim ke setiap port lainnya sehingga masing-masing port mempunyai
bandwidth yang penuh. Hal ini menyebabkan kecepatan pentransferan data lebih
terjamin.
7. Ethernet Card
Ethernet card adalah sebuah hardware komputer yang memungkinkan komputer untuk
berkomunikasi melalui jaringan komputer. Ethernet card disebut juga dengan
Network Interface Card (NIC)
Kegunaan
ethernet card adalah :
- Memberikan akses fisik ke media komunikasi jaringan komputer.
- Terdapatnya program kecil di ethernet card yang menyediakan mekanisme komunikasi di lapisan bawah melalui alamat MAC.
- Merupakan salah satu kunci utama dalam membangun jaringan lokal yang biasa dikenal sebagai LAN.
Jenis-jenis
teknologi yang digunakan oleh Ethernet card yaitu :
a. Fast Ethernet mempunyai kecepatan 100 Mbps.
b. Gigabit Ethernet mempunyai kecepatan 1 Gbps.
c. Optical Fiber mempunyai kecepatan sampai 160
Gbps.
d. Token Ring mempunyai kecepatan sampai dengan
100 Mbps.
8. Webcam
Webcam
adalah sebutan bagi kamera real-time yang gambarnya bisa diakses atau dilihat
melalui World Wide Web, program instant messaging atau aplikasi video call.
Istilah “webcam” juga merujuk kepada jenis kamera yang digunakan untuk
keperluan ini.
9. Wireless Adapter
Wireless
Adapter digunakan sebagai pengendali periferal yang terpasang tanpa menggunakan
kabel. Adapter ini biasanya berbentuk card atau board yang berisi rangkaian
elektronika.
10. Kabel Koaksial
Kabel
koaksial merupakan kabel yang digunakan sebagai peredam sinyal agar tidak
membalikkan dan mengganggu sinyal aslinya.
11. Bridge
11. Bridge
Bridge
merupakan perangkat untuk menghubungkan 2 buah jaringan secara fisik yang
menggunakan protokol sama/sejenis. Bridge juga bertugas untuk mengirimkan
paket-paket data.
Keuntungan :
- Memperluas/menambah jarak dari network yang ada.
- Menambah jumlah workstation pada network
- Mengurangi kemacetan traffic (dengan network partitioning).
- Menyediakan koneksi ke network yang berbeda (misalnya Ethernet ke Token Ring).
- Memindahkan data melalui intermediate network dengan protokol yang berbeda.
Kelemahan :
- Bridge tidak bisa memblokir paket broadcast layer 2.
- Menambah delay pada jaringan.
- Jika alamat yang diterima tidak di kenal oleh bridge, maka akan disiarkan berita ke jaringan segmen lain dan hal ini dapat menyebabkan terjadinya broadcast strom (badai siaran) yang efeknya dapat membuat jaringan macet total.
- Walaupun dapat memiliki domain collision yang berbeda, tetapi peralatan bridge hanya memiliki satu broadcat domain.
- Teknik bridging akan memakan banyak bandwidth.
B. Software (Perangkat Lunak)
1. Internet Explorer (IE)
Browser ini
sudah memiliki banyak pelanggan karena sudah memiliki brand-image yang sangat
terkenal. Internet Explorer ini dikeluarkan oleh microsoft corporation,
biasanya secara default disertakan bersamaan dengan operating system (OS).
Memiliki keunggulan dalam hal kestabilan konektivitas, support digunakan untuk
kegiatan apapun, jarang ada keluhan error / dsb. Kekurangannya mungkin agak
sedikit lambat dalam urusan download file dari internet, baik untuk browsing,
surfing, download, maupun upload. Untuk yang sangat mengandalkan kestabilan dan
supported, browser ini bisa dijadikan pilihan utama.
2. Mozilla firefox
Browser ini
memiliki tampilan yang cukup sederhana. Kinerja akses internetnya memiliki
kecepatan yang sangat tinggi, baik untuk download, maupun upload file.
Kemudahan dalam hal penggunaan, juga menjadi pilihan banyak orang. Keunggulan
yang tidak dimiliki IE adalah adanya tab baru dalam satu jendela yang sama, hal
ini lebih memudahkan untuk mengakses ke banyak situs dalam satu tampilan tanpa
harus berpindah-pindah windows/jendela sehingga lebih menghemat memory komputer
selama mengakses internet. Memiliki supported yang sangat tinggi dan keamanan
yang cukup terjamin, produk yang diakuisisi oleh google ini semakin menggeser
keberadaan IE sebagai browser dengan pengguna terbesar.
3. Opera
Browser ini
menjadi saingan Mozilla Firefox dan Internet Explorer. Tampilannya terlihat
cukup canggih dan modern. Keunggulannya sama seperti Mozilla Firefox, dapat
membuat menu tab baru dalam satu jendela yang sama. Kecepatan untuk mengakses
internet lumayan tinggi, namun sering terjadi masalah dalam mengakses
situs-situs tertentu, misalnya blogger. Supported yang disertakannya masih
memiliki kekurangan, sehingga sering terjadi error / not completed result, di
dalam mengakses situs-situs tertentu.
HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee Robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa).
Contoh:
Tag biasanya merupakan suatu pasangan yang disebut dengan:
Contoh: untuk menampilkan teks dalam format teks miring Teks ini terlihat miring di browser anda dengan perintah HTML < i>Teks ini terlihat miring di browser Anda</i>
TUGAS TIK
HASIL PRATIKUM I [XI IPA 6_BELLA A RAMADHANI_TUGAS_7_1]
HTML
HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee Robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa).
Kegunaan
- Mengintegerasikan gambar dengan tulisan.
- Membuat Pranala.
- Mengintegerasikan berkas suara dan rekaman gambar hidup.
- Membuat form interaktif.
< b> TAMPIL TEBAL</b>
. Tanda < b>
digunakan untuk mengaktifkan instruksi cetak tebal, diikuti oleh tulisan yang ingin ditebalkan, dan diakhiri dengan tanda </b>
untuk menonaktifkan cetak tebal tersebut. HTML lebih menekankan pada
penggambaran komponen-komponen struktur dan format di dalam halaman web
daripada menentukan penampilannya. Sedangkan penjelajah web digunakan
untuk menginterpretasikan susunan halaman ke gaya built-in penjelajah
web dengan menggunakan jenis tulisan, tab, warna, garis, dan perataan
text yang dikehendaki ke komputer yang menampilkan halaman web. Salah
satu hal Penting tentang eksistensi HTML adalah tersedianya Lingua franca (bahasa Komunikasi) antar komputer dengan kemampuan berbeda. Pengguna Macintosh tidak dapat melihat tampilan yang sama sebagaimana tampilan yang terlihat dalam pc berbasis Windows. Pengguna Microsoft Windows pun tidak akan dapat melihat tampilan yang sama sebagaimana tampilan yang terlihat pada pengguna yang menggunakan Produk-produk Sun Microsystems. namun demikian pengguna-pengguna tersebut dapat melihat semua halaman web yang telah diformat dan berisi Grafika dan PranalaMenyunting format tulisan
HTML memungkinkan seseorang untuk menyunting tampilan atau format berkas yang akan dikirimkan melalui media daring. Beberapa hal yang dapat dilakukan dalam menentukan format berkas adalah:- Menampilkan suatu kelompok kata dalam beberapa ukuran yang dapat digunakan untuk judul, heading dan sebagainya.
- Menampilkan tulisan dalam bentuk cetakan tebal
- Menampilkan sekelompok kata dalam bentuk miring
- Menampilkan naskah dalam bentuk huruf yang mirip dengan hasil ketikan mesin ketik
- Mengubah-ubah ukuran tulisan untuk suatu karakter tertentu.
Markah/Tanda
Secara garis besar, terdapat 4 jenis elemen dari HTML:- Struktural. Tanda yang menentukan level atau tingkatan dari sebuah tulisan (contoh,
< h1> Golf</h1>
akan memerintahkan peramban untuk menampilkan "Golf" sebagai tulisan tebal besar yang menunjukkan sebagai Heading 1 - Presentasional. Tanda yang menentukan tampilan dari sebuah tulisan tidak peduli dengan level dari tulisan tersebut (contoh,
< b> boldface</b>
akan menampilkan bold. Tanda presentasional saat ini sudah mulai digantikan oleh CSS dan tidak direkomendasikan untuk mengatur tampilan tulisan, - Hiperteks. Tanda yang menunjukkan pranala ke bagian dari dokumen tersebut atau pranala ke dokumen lain (contoh,
< a href="http://www.wikipedia.org/"> Wikipedia</a>
akan menampilkan Wikipedia sebagai sebuah hyperlink ke URL tertentu), - Elemen widget yang membuat objek-objek lain seperti tombol (
< button>
), list (< li>
), dan garis horizontal (< hr>). Konsep hypertext pada HTML memungkinkan pembuatan link pada suatu kelompok kata atau frasa untuk menuju ke bagian manapun dalam World Wide Web,
- Pranala menuju bagian lain dari page.
- Pranala menuju page lain dalam satu web site.
- Pranala menuju resource atau web site yang berbeda.
Contoh dokumen HTML sederhana
<!DOCTYPE html> <html> <head bgcolor=black text=white> <title>'''Selamat Datang''' HTML</title> </head> <body> <p>Halo dunia!</p> </body> </html>
Head
Dokumen HTML diapit oleh tag< HEAD></HEAD>
.
Di dalam bagian ini biasanya dimuat tag TITLE yang menampilkan judul
halaman pada titlenya browser. Selain itu Bookmark juga menggunakan tag
TITLE untuk memberi mark suatu web site. Browser menyimpan “title”
sebagai bookmark dan juga untuk keperluan pencarian (searching) biasanya
title digunakan sebagai keyword. Header juga memuat tag META yang
biasanya digunakan untuk menentukan informasi tertentu mengenai document
HTML. Anda bisa menentukan author name, keywords, dan lainnya pada tag
META.Contoh:
<meta name="author" content="ubuntu-online">
Elemen Body
Bagian BODY, yang dinyatakan dengan tag< BODY>…</BODY>
, merupakan tubuh atau isi dari dokumen HTML dimana anda meletakan informasi yang akan ditampilkan pada browser.Tag
HTML tidak membedakan penggunaan huruf besar ataupun huruf kecil dari suatu elemen. Suatu elemen HTML terdiri dari tag-tag beserta teks yang ada dalam tag-tag tersebut. Tag ini dinyatakan dengan tanda lebih kecil (<) dan tanda lebih besar (>).Tag biasanya merupakan suatu pasangan yang disebut dengan:
- Tag awal, dinyatakan dalam bentuk <nama tag>
- Tag akhir, dinyatakan dalam bentuk </nama tag>
Contoh: untuk menampilkan teks dalam format teks miring Teks ini terlihat miring di browser anda dengan perintah HTML < i>Teks ini terlihat miring di browser Anda</i>
Atribut
Tag awal bisa memiliki beberapa buah atribut yang menyatakan karakteristik dari tag tersebut. Misalnya,<P ALIGN=”left”>
digunakan untuk membuat rata kiri suatu paragraf. Tag yang digunakan adalah <P>
dan atribut yang menyertainya adalah ALIGN dengan nilai left. Nilai
atribut ALIGN hanya bisa berupa center, left, right atau justify.TUGAS TIK
Soal Praktik Excel Fungsi Logika IF | ||||
Soal Excel Fungsi Logika IF | ||||
Praktikum I | ||||
1. Buatlah Daftar Gaji PT. YYZZ di bawah ini. | ||||
2. Gaji pokok diperoleh dari rumus : | ||||
- Jika Gol A, maka Gaji Pokoknya 1000000 | ||||
- Jika Gol B, maka Gaji Pokoknya 800000 | ||||
- Jika Gol C, maka Gaji Pokoknya 500000 | ||||
3. Tunjangan diperoleh dari rumus : | ||||
- Jika Status Nikah, maka Tunjangannya 250000 | ||||
- Jika Status Belum, maka Tunjangannya 50000 |
HASIL PRATIKUM I [XI IPA 6_BELLA A RAMADHANI_TUGAS_7_1]
Praktikum II | ||||
1. Buatlah Tabel Daftar Bus Malam di bawah ini. | ||||
2. Nama Bus Malam diperoleh Kode Bus Malam dengan ketentuan: | ||||
Jika AA, maka Nama Bus ADI ANUGERAH | ||||
Jika AB, maka Nama Bus ASRI BUANA | ||||
Jika BB, maka Nama Bus BINTANG BARU | ||||
Jika SC, maka Nama Bus SANJAYA | ||||
Jika TR, maka Nama Bus TRIGAYA | ||||
3. Tujuan diperoleh dari Kode Bus Malam dengan ketentuan: | ||||
Jika B, maka Tujuan BANDUNG | ||||
Jika J, maka Tujuan JAKARTA | ||||
Jika N, maka Tujuan BANYUWANGI | ||||
Jika S, maka Tujuan SOLO | ||||
4. Harga Tiket diperoleh dari Kode Bus Malam dengan ketentuan: | ||||
- Jika B, maka Harga Tiket 300000 | ||||
- Jika J, maka Harga Tiket 250000 | ||||
- Jika N, maka Harga Tiket 120000 | ||||
- Jika S, maka Harga Tiket 85000 | ||||
5. Jam Berangkat diperoleh dari Kode Bus Malam dengan fungsi string. | ||||
6. Jumlah = Jumlah Penumpang X Harga Tiket | ||||
7. Carilah Nilai Total, Rata – Rata, Minimal, Maksimal dan Jumlah Data. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar